Monday, May 10, 2010

Les membatik di Jakarta Selatan




Les membatik ..




Salah satu hal yang pengen banget gw lakukan dari dulu adalah les membatik.. well dengan berbagai alasan si..selain melestarikan budaya (halah) , melatih kesabaran..:D dan .. pengen punya usaha batik nantinya.. hahaha ... well karena waktunya ada saat cuti mau melahirkan gue pikir why not gw mencari, toh ini salah satu kegiatan yang bisa dilakukan di saat hamil..:)

dan gw mulai mencari tempat2 les membatik di jakarta..

Salah satu tempat yang recommended karena ini buat belajar batik yaitu di Musium Tekstil, Tanah Abang, Jakarta..
tepatnya di Jl. Aipda K.S. Tubun, No. 4 Kel.Petamburan,Tanah Abang, Jakarta Barat (Jakarta 11420). disini, ada belajar kursus membatik yang hanya untuk sehari (sambil jalan2 liat museum) ataupun mau belajar 'serius' karena setelah diulik2 ternyata guru mbatikku yang sekarang salah satu lulusan sini :)

kedua ada di daerah depok..skip :)

ketiga dan yang paling dekat rumahku di Jakarta Selatan, yaitu di Rumah Jawa Jawi Jawa,
rumah ini di JL.BDN II no. 49,, deket sd-smp Al-Ikhlas ..jadilah akhirnya eke memilih tempat ini buat les membatik :)
naah disini mereka buka kursus membatiknya setiap hari Sabtu, jam 10 sampai jam 12..(jadi pasti ada yang anterin juga :) ) memang dibandingkan yang lain, disini biayanya lebih mahal, sekitar Rp400 ribu sebulan, empat kali pertemuan, belum termasuk biaya pendaftaran Rp150ribu , tapi ya dilihat dari jarak ini yang paling memungkinkan si :D ..
disini ternyata juga terbagi menjadi beberapa tingkatan kelas membatik, dimana satu bulan khusus untuk 'satu level'.. dari tingkat dasar hingga tingkat bisa pakai banyak warna

dan mulailah saya belajar membatik disana,, ternyata peminatnya ga hanya mbak2 kayak saya, tapi juga ada ibu2 dan yang paling banyak justru.. anak SD! :) bahkan anak2 sd ini pas saya masuk sudah masuk tingkatan yang 'lebih canggih' dari saya ;p bule2 juga ternyata ada yang ikutan ..(gambar si anak sd ini ada di paling atas, sedang membatik dengan pola dari toko,tapi dia lagi beranjak dari tempat duduknya sayangnya :) )

yang lucu, disaat yang sama les membatik, di tempat yang sama juga berlangsung les tari Jawa dan gamelan jawa.. jadi sambil les mbatik bisa sambil liat yang pada nari atau sambil dengerin lagu2 Jawa..very Javanese lah pokoknya..(namanya juga rumah jawa)..jadi berasa ke Jogja barang sebentar :)

disini alat2 membatiknya semua dipinjemin dan kainnya boleh dibawa pulang, tapi
disini juga jual alat membatik elektronik sebesar Rp300 ribu (hmm agak mahal si) tapi lumayanlah buat latihan lagi di rumah.. kalau mau beli yang biasa saja di museum tekstil dan di pasar tradisonal biasanya jual satu set alat membatik yang sederhana (wajan, kompor, canting dan lilinnya) sekitar Rp100 ribu di musium tekstil, di pasar tradisional bisa lebih murah lagi..

Pas masuk.. qta ga diajarin teorinya dulu, tapi langsung praktek.. karena teorinya ada di dalam buku disana :) jadi hari pertama yang didapat diantaranya :

1. Proses membuat pola
--> kalo versi eke yang pemula ini lebih menjiplak si hehe karena kita dikasih satu buku full corak batik dan tinggal dijiplak diatas kain putih yang diberikan :)
nahh..ini gambar proses membuat pola pakai pensil.. hehe ketahuan masih berantakan..













2. Proses Waxing/Pelilinan
-->membuat outline, nah diproses ini qta musti pake taplak karena lilin bisa kena baju..selain panas juga membekas ;p (terus berhubung saya kehabisan waktu untuk menjiplak (mau sok2 banyak motif, jadinya proses selanjutnya ini belum sempat dilakukan di hari pertama) proses selanjutnya yaitu: Ngiseni (memberi motif atau titik2 dan garis2.. Nerusi, menebalkan motif bagian belakang (jadi bakal ada dua sisi) dan Nembok













(nah ini gambar pas udah mulai dililin, sayangnya saya ga sempat ngambil gambar orang ngelilin pake cantingnya ya :D)


sebelumnya ada proses mengetel ato merebus kain dari toko yang sudah dilakukan oleh gurunya, jadi qta ga rebus kain lagi.. dan untuk proses selanjutnya setelah waxing
yaitu mencelup warna dan ngelorot terpaksa dilakukan minggu depannya :)

soo.. begitulah cerita mencari les membatik dan pengalaman hari pertama membatik saya.. berhubung jam 12 sudah waktunya makan siang.. disebelah rumah ini juga jualan ayam bakar yang nikmat dengan harga Rp10 ribu saja loo..haha.. selamat membatik! :)

3 comments:

reisa Kartikasari said...

hi.. boleh nanya, itu yg di jaksel ada contact numbernya nggak ya? saya sangat tertarik.. ^^ thx before

Mitra Adriyanti said...

ph jawa jawi : 021-99794949 dan 021-75912443

ya ampuun..maaf banget baru dijawab sekarang..beginner ngeblog nih heheh..

Unknown said...

mba mau tanya, kalau yang di daerah depok itu di sebelah mana ya dan namanya apa? Thank you :)

Trip ke Jepang dengan Budget 10 Juta-an

Mungkin banyak yg bisa lebih hemat, tapi bisa trip  sendiri ke Negeri Sakura dengan budget 10 jutaan aja saya udah seneng bangett *insert em...