Thursday, August 13, 2015

Weekend tanpa Mall ke Museum ramah anak : Museum Nasional Indonesia



Our weekend without mall #2 : Kids friendly museum in Jakarta : Museum Nasional Indonesia and andong ride in Monas

Museum Nasional Indonesia




Untuk menutup liburan kenaikan kelas anak saya, saya bermaksud menghabiskan weekend yang agak berbeda, oleh sebab itu saya memilih untuk wisata museum di daerah Jakarta saja.  Dari sekian banyak museum di Jakarta pilihan saya jatuh pada Museum Nasional Indonesia dan ternyata ini pilihan tepat karena sekarang Museum Nasional Indonesia sudah jauh berbeda dibandingkan terakhir saya kesana ( in a good way), gedung barunya sudah ber-AC dengan koleksi yang menarik dan papan informasi yang tentunya informatif.


Museum Nasional Indonesia terletak di Jl Merdeka Barat no 12 Jakarta Pusat.  Banyak moda transportasi untuk menuju museum ini, kebetulan saya menggunakan mobil, dan disini tersedia tempat parkir yang cukuplah untuk pengunjung museum.  Untuk kendaraan umum, selain taxi, kita bisa naik busway jurusan blok M -Kota dan turun di halte Monas, dari situ kita tinggal turun halte dan nyebrang :) kendaraan umum lainnya pastinya semua bus yang melewati Thamrin dan menuju kawasan Hayam Wuruk akan melewati Museum ini :). Berikut jadwal buka dan tarif Museum Nasional :
Jam Buka Museum Nasional
Selasa-Kamis: 08:30-14:30 WIBB                    
Jumat: 08:30-11:30 WIBB                      
Sabtu: 08:30-13:30 WIBB                    
Minggu: 08:30-14:30  WIBB
Tutup pada hari Senin dan hari libur Nasional/keagamaan 

Tiket
  • Perorangan
    Dewasa: Rp 5.000,-
    Anak-anak: Rp 2.000,-
  • Pengunjung rombongan (min. 20 orang)
    Dewasa: Rp 3.000,-
    Anak-anak (TK-SMA): Rp 1.000,
  • Wisatawan mancanegara : Rp 10.000,-






















Di tulisan saya kali ini saya tidak akan banyak membahas mengenai  koleksi lamanya ya, lebih mengenai gedung baru dan ... kid's corner Museum Nasional yang ternyata oke banget buat anak-anak. :)


                             Papanya anak anak lagi nunjukin peta Indonesia yang besar dengan gambar orang                                                  memakai baju khas daerahnya di sekelilingnya



Gedung baru

Gedung baru (well ga baru baru banget si :) ) terdiri dari empat lantai dengan bangunan yang modern dan nyaman karna ber-AC, di tiap lantai juga ada satuan pengaman (satpam) dan dilantai pertama gedung ini ada coffee shop yang cukup terkenal tapi saya ga mau sebut namanya karna saya ga ngendorse :D.  Mengenai isi informasi yang disajikan, di lantai pertama terdapat penjelasan mengenai sejarah manusia (dari manusia purba hingga manusia modern), terdapat multimedia area, vip room dan art shop.  Untuk yang memakai kursi roda tidak perlu khawatir karena di gedung baru ini juga tersedia lift selain escalator :)



Di lantai kedua gedung baru Musium Nasional merupakan tempat informasi mengenai (perkembangan) Ilmu Pengetahuan dan Teknologi ( di Indonesia ) Gallery.

Di lantai ketiga, terdapat informasi sejarah organisasi sosial di Indonesia ,
Dan di lantai keempat terdapat kerajinan emas dan keramik.

Berikut foto-foto koleksi di Museum Nasional : 

                                                           Manusia purba di lantai satu

Dan berikut berbagai koleksi di Museum Nasional di Lantai 2-4 :





 Penjelasan Tulisan kuno dari berbagai daerah di Indonesia

Setelah melihat-lihat koleksi, kami lanjut ke Kid's Corner Museum Nasional yang ternyata lucu banget, nyaman karena ber-AC dan the best part is semua kegiatan di sini gratis alias Free!
Letak Kid's Corner Museum Nasional ada di lantai paling bawah, langsung ke kiri dari eskalator utama.

Ada apa saja di Kid's Corner Museum Nasional ini?


Seperti bisa dilihat pada gambar-gambar di bawah ini, di Kid's Corner Museum Nasional, anak-anak kita bisa main permainan tradisional seperti congklak, membaca buku anak, bermain boneka tangan, mencoba bermain alat musik angklung,  belajar membatik, mewarnai, melukis keramik dan bisa dibawa pulang keramiknya (yess bangett kaan) dan terakhir bisa foto memakai baju tradisional daerah Indonesia yang sudah disediakan.. all is free.. the kids were very happy.. semoga makin banyak tempat seperti ini di Jakarta..dan Indonesia.




 Petugas museum yang ramah dan sabar banget sama anak-anak :)

    Membatik corner
 Keramik hasil karya kakak
 Bermain boneka tangan

                                          Foto menggunakan busana tradisional Indonesia



Sebagai bonus karena masih satu area dan biar penutup liburan kenaikan kelas makin poll.. kami juga mengajak anak-anak ke Monas dan berkeliling Monas naik Andong.. :D well actually Monas ga kid's friendly si since super panas dan dari segi keamanan kurang maksimal,terlebih di hari Sabtu dan Minggu pengunjung sangat padat,  makanya harus diawasi terus anak-anaknya kalau disini ya :) tapi yang penting mereka happyyy naik andong keliling monas :)






Selamat berlibur ke museum.. I know you will have so much fun like us! ;)







No comments:

Trip ke Jepang dengan Budget 10 Juta-an

Mungkin banyak yg bisa lebih hemat, tapi bisa trip  sendiri ke Negeri Sakura dengan budget 10 jutaan aja saya udah seneng bangett *insert em...