Thursday, August 25, 2016

Jelajah Sulawesi Selatan : Kemilau Matahari Tenggelam Pare - Pare

Jelajah Sulawesi Selatan : Pare - Pare




Kali ini, saya akan membawa kamu ke kota kedua terbesar (dan teramai) di Sulawesi Selatan setelah Makassar, yaitu kota Pare - Pare.

Tak hanya dikenal sebagai kota kelahiran Presiden RI ketiga, yaitu BJ Habibie, kota Pare-Pare yang berjarak sekitar dua jam dengan kendaraan roda empat dari kota Makassar ini juga dikenal sebagai kota pelabuhan dan kalau saya boleh menyebut, kalau disebelahnya ada kota seribu beras (Sidrap),  ga berlebihan juga kalau kota ini disebut kota seribu sunset :)

Kenapa? Karena to be honest melihat matahari tenggelam di Pare-Pare akan menjadi pengalaman yang ga akan terlupakan, di setiap harinya, dan di spot yang berbeda-beda pula, langit Sulawesi yang warna warni seperti lukisan bisa memanjakan mata kita beserta dengan tenggelamnya matahari yang dramatis.



So, dimana saja spot bagus buat melihat matahari tenggelam  ( sunset ) di Pare-Pare , Sulawesi Selatan?

1. Rekomendasi pertama saya jatuh ke Hotel Bukit Kenari, Pare-Pare 
    Disini selain menginap juga ada restoran dan kolam renang yang viewnya bagus, dan the good news is kolam kita bisa berenang tanpa menginap disana hanya dengan membayar Rp 50.000,- (harga awal tahun 2016 ini ya).
Ini view dan sunset yang bisa kamu liaht dari Hotel Bukit Kenari, Pare-pare









2. Pantai Mattirotasi
Pantai yang cukup panjang ini terbuka untuk umum, terdapat gazebo untuk duduk-duduk dan kalau sore kadang ada odong-odong untuk anak-anak. Di malam haripun ada jualan makanan dari seafood hingga makanan Indonesia.

Warna langit di foto ini tanpa editan lo:)


Dan ini another beach dan tempat wisata di Pare-Pare ;


3. Pantai Tonrangeng
Disini pantainya masih lebih bersih dan pasirnya lebih halus dari pantai yang disebut diatas, paling enak didatengin kalau lagi ga banyak pengunjung lain si sebenernya :))






4. Pantai Lumpue
Salah satu infamous beach di Pare-Pare, nih. Ramai kalau hari libur biasanya, well not one of my favorites, actually :D



Where to eat in Pare-Pare ?

Alhamdulillah, dibandingkan kota-kota lain disekitarnya, pilihan untuk tempat makan di Pare-Pare cukup banyak, dari makanan Indonesia sampai KFC ada disini :D


1. Warkop Teras Empang

Tempat makan yang terbuka dengan bale-bale dan view laut, entah kenapa saya seneng makan disini :) kalau malam minggu kadang juga ada live music. Makanannya standar Indonesia seperti ayam dan ikan goreng. Harganya (awal 2016 ya) seporsinya hanya 22.500 sudah ayam-nasi-perkedel-pisang-sayur asam dan air putih..kenyang kan :D  Menu lain yang harus dicoba juga itu pisang gorengnya.. well kalo ke Sulawesi tu wajib ya makan pisang goreng! *serius* kalau ditempat lain mungkin dicocol sambel kalo ini pake mentega dan gula haha sehat banget gitu deh :)) tapi nagihhh :)





2. The infamous : Mie Titi

Kalau ga sempet makan mie titi di Makassar wajib makan mie titi disinilah. Kabarnya awal mie titi memang yang di Pare-Pare.  Menu apa yang bisa dipilih disini? Well, mie titi of course, haha sama menu lainnya juga enak kok dan porsi \nya besar, ayam menteganya juga enak dan porsinya besar.






3.  Gazzaz Cafe

Gazzaz Cafe ini makanannya juga cukup variatif, dan menyediakan makanan western & Indonesia standar cafe lah. Disini kamu bisa  ngopi-ngopi juga :)



4.  CCR Cinema Cafe & Resto

Di CCR Cinema Cafe & resto ini juga menjual makananan standar cafe, tapi saya nemu keripik pisang yang saya suka disini nih: :D



5. Zodiac Cafe & Resto

6.  KFC - yes di Sulawesi Selatan baru ada KFC di tiga kota yaitu Makassar, Pare-Pare dan Pinrang

7. Ayam Penyet Ria

8.  Cafe D'Carlos

9. Resto Asia

10. Resto Dynasty
Seafood

11. Istana Bebek


Another must - visit spot when you're in Pare-Pare 

Selain tempat-tempat diatas, kalau lagi lewat Pare-Pare jangan lupa mampir ke sini ya :

Monumen Cinta Sejati : Ainun & Habibie




Monumen yang dibuat khusus untuk menghormati Bu Ainun Habibie, (alm) istri Presiden RI ketiga kita, yaitu Bpk BJ Habibie. Disini selain bisa melihat monumen mereka, kamu juga bisa melihat foto-foto Ibu Ainun dan quotes-quotes mereka. Letaknya juga di depan lapangan Pare-Pare, sehingga anak-anak bisa sekalian main ayunan dan prossotan yang tersedia di lapangan tersebut.


Masjid Raya Pare-Pare



Untuk yang muslim, jangan lupa mampir ke Mesjid Raya Pare-Pare juga ya:)


Pasar senggol malam hari


Di Pare-Pare juga ada pasar kaget / senggol malam hari yang menjual barang-barang bekas dari negri sebrang di dekat pelabuhan, kamu bisa cari baju, sepatu hingga barang-barang bekas lainnya disini dengan harga miring looh :)


D'Carlos Area

Pare-Pare juga terkenal dengan barang-barang impor yang berasal dari Malaysia, seperti coklat-coklat, Milo , snack hingga  peralatan rumah tangga yang diimpor , di sepanjang Jl Bau Massepe, Pare-Pare. Disini juga ada yang menjual parfum, pakaian wanita dan pria dan outlet sport dan baju remaja.


Amazed kan ternyata banyak tempat yang bisa dilihat disini.. Selamat menikmati indahnya sunset di Pare-Pare, dan selamat menjelajah alam Sulawesi Selatan yang kaya  :)


Kampung Nelayan di Pare-Pare



No comments:

Trip ke Jepang dengan Budget 10 Juta-an

Mungkin banyak yg bisa lebih hemat, tapi bisa trip  sendiri ke Negeri Sakura dengan budget 10 jutaan aja saya udah seneng bangett *insert em...